Monday, December 13, 2010

PERANAN SEORANG ISTRI TERHADAP SUAMI


PERANAN SEORANG ISTRI TERHADAP SUAMI
Seorang Istri adalah ratu rumah tangga, yang menciptakan suasana rumah tangga, dengan suami sebagai raja, dan anak-anak dapat merasakan bahagia. Rumah tangga tanpa seorang istri bagaikan padang rumput gersang tanpa bunga berkembang. (Amsal 31:10) “Istri yang cakap, siapakah yang mendapatkannya ? Ia lebih berharga dari permata.
A.     PERANAN ISTRI SEBAGAI PENOLONG SUAMI.
“Tidak baik manusia itu seorang diri. Aku akan menjadikan seorang penolong baginya” (Kejadian. 2:18) Laki-laki atau suami perlu istri, dalam arti seorang istri harus sadar akan tugasnya untuk menolong suaminya. Seorang istri asisten dari suami, (Amsal 12:4). Asisten  maksudnya adalah Istri isi sebagai penolong, penolong yang bagaimana ?
 Istri Penolong yang Berharga. Berharga berarti mempunyai nilai, mempunyai mutu yang tinggi, berguna atau bermanfaat, dia merupakan suatu harta dan kekayaan bagi suaminya.
Istri yang dapat dipercaya. “Hati suaminya percaya kepadanya” (Amsal 31:11a).Dapat dipercaya dalam kesetiaan sebagai suami-istri, (Maz. 127:1). Dan juga suatu tekad untuk hidup beribadah kepada Tuhan (Yosua 24:15). Dapat dipercaya dalam menjaga rahasia, (Amsal 13:3 ; Amsal 18:21)”. Dapat dipercaya dalam mengatur keungan (Amsal 31:16a; Amsal 31:14b).
Istri Penolong yang Rajin dan kreatif. Istri yang baik memakai bakat dan kemampuanya untuk menambah keuangan atau penghasilan keluarga, penuh ide, kreatif, dan penuh inisiatif. (Amsal 20:13).
Istri Penolong yang tabah. Ada bayak hal  yang dihadapi seorang istri, Ia di tuntut tabah dan kuat (Amsal 24:10), mendukung suami agar tetap dalam rencana Tuhan.
Istri Penolong yang Optimis. Istri yang optimis dapat memberi semangat pada suami, banyak masalah akan terasa ringan bila dihadapi dengan rasa optimis.
Istri Penolong yang berhikmat, “Takut akan Tuhan adalah permulaan pengetahuan” (Amsal 1:7) Berhikmat berarti mempunyai kemampuan untuk mengerti atau mengetahui masalah. Penolong yang Menyakinkan Dalam Penampilan, Suatu syarat bagi seorang imam ialah tidak bercacat cela. Seorang istri yang baik dapat menghiasi dirinya layak dan pantas.
Istri Penolong yang Berbelas Kasihan dan Pemurah, “Ia memberikan tanganya kepada yang tertindas, mengulurkan tangannya kepada orang miskin” (Amsal 31:20). Seorang istri yang baik adalah yang luas hati.
Istri Penolong yang mendukung suami, Seorang istri yang baik aka mendukung suaminya, karena hal ini sangat mempengaruhi karier suami. Penolong yang Mendoakan Suami.”Doa orang jujur dikenal-Nya (Amsal 15:8b) Doa seorang istri bagi suaminya sangat penting. Karena melalui doa, suami dikuatkan, dimenangkan, diberkati, dilindungi, serta dipakai Tuhan.
B.  RAHASIA KEBERHASILAN
Rahasia keberhasilan adalah takut akan Tuhan.”dalam takut akan Tuhan ada ketentraman yang besar” (Amsal 14:26a), Melakat Kepada Tuhan (Mazmur 91:14-16), Membenci kejahatan (Amsal 8:13); (Amsal 14:16), Hidup didalam Kekudusan (Amsal 4:23); (Amsal 20:7)
C. AKIBAT BAGI SUAMI.
Suami Menikmati Damai dan Ketentraman, (Amsal 31:26a), Suami beruntung (Amsal 21:11b), Suami Puas dan Bangga (Amsal 31:29)
C.  PENGHALANG KEBAHAGIAAN SUAMI ISTRI.
Keinginan daging (Amsal 11:22); (Amsal 31:30a), Perzinahan (Amsal 7:16-22), Pertengkaran (Amsal 21:9); (Amsal 21:19); (Efesus 5:22-24)., Kehilangan kasih, Tidak seiman (II Korintus 6:14-15), Amsal 3:32-33)
D.  LANGKAH-LANGKAH PEMULIHAN DARI KEGAGALAN.
Bertobat dan datang kepada Tuhan Yesus (Amsal 18:10); (I Yohanes 1:9), Bersikap Positif Terhadap Segala Sesuatu, Menjadi Seorang Kekasih, Sahabat, dan Ibu Suami.

No comments:

Post a Comment